Rabu, 08 Juni 2011

Cara Mudah Hindari Kanker


Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan. ada banyak jenis kanker yang biasa di derita misalnya kanker serviks alias kanker rahim lalu kanker hati, Kanker otak, kanker kulit hingga kanker tulang. Penyakit kanker juga merupakan penyakit keturunan sama seperti diabetes melitus namun kanker lebih dipengaruhi oleh gaya hidup ketimbang dari faktor keturunan. Nah untuk itu maka kita harus menjaga pola hidup kita agar terhindar dari kanker. Berikut adalah hal hal mudah yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh kita dari serangan kanker.

Konsumsi Kacang Kacangan

Kacang Brazil, kacang mede, kacang hijau, semuanya kaya akan mineral selenium. Riset Darthmouth Medical School di Amerika menunjukkan, seorang dengan kadar selenium yang tinggi memiliki risiko kanker usus dan paru-paru yanng rendah ketimbang orang dengan kadar selenium rendah. Para ahli percaya, selenium tak hanya mampu melawan radikal bebas yang merugikan, tetapi juga meningkatkan imun dan menekan munculnya sel-sel kanker serta tumor

Olahraga Membakar Kalori

Sudah banyak penelitian menyakinkan bahwa olahraga rutin, misalnya jalan kaki selama 2 jam per minggu dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker secara signifikan

Konsumsi Kopi

Penelitian terbaru dari Inggris menyebutkan, orang yang setiap hari minum 5 cangkir atau lebih kopi hitam pahit, memiliki risiko kanker otak 40 persen lebih kecil dibanding yang jarang minum kopi. Hal yang sama berlaku juga untuk kanker tenggorokan, otak, dan mulut. Bahkan menurut para ahli, kafein lebih ampuh dalam melawan kanker dibanding dengan teh.

Minum yang cukup

Minum air putih, minimal 8 gelas sehari atau sesuai kebutuhan, diyakini pakar bisa mengurangi risiko kanker kandung kemih. Dengan minum yang cukup, kotoran di dalam tubuh akan lebih cepat keluar bersama air seni dan tak sempat mengendap menjadi kanker. Begitulah informasi dari American Cancer Society. soal minum air putih juga harus diperhatikan soal wadah air putih. akan lebih baik minum air putih dalam wadah stainless steel atau wadah yang terbuat dari gelas bening. Ini supaya air tidak terkontaminasi bahan-bahan berbahaya seperti Polypropylene (PP) atau Polyvinyl Chloride (PVC) yang terdapat pada beberapa bahan plastik atau keramik.

Makan Sayur Sayuran

Simak anjuran ahli bagi para penyuka salad: Perbanyak menyantap sayuran berwarna hijau gelap. Pasalnya, sayuran warna gelap mengandung lebih banyak klorofil dan magnesium. Beberapa studi ilmiah, salah satunya yang dilakukan oleh Cheryl Lyn Walker, PhD., mengungkapkan bahwa magnesium dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Walker adalah profesor di University of Texas, MD., Anderson Cancer.

Menjaga Berat badan

Simpulan penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society mengungkapkan, risiko kematian akibat kanker akan naik sebanyak 20 persen karena obesitas. Temukan cara mengukur soal obesitas melalui google “cara menentukan Indeks Massa tubuh”

Jangan Abaikan Rasa Nyeri

Perut kembung, rasa sakit seperti ingin buang air besar, dan nyeri panggul tidak boleh kita abaikan begitu saja. M. Robyn Anderson, PhD., ahli dari Fred Hutchinson Cancer Research Center mengatakan, gejala-gejala ini bisa menandakan kanker indung telur. Banyak wanita dan bahkan dokter mengabaikan gejala ini. Itulah alasannya mengapa penyakit ini bisa sangat mematikan. Padahal, sama seperti jenis kanker lainnya, semakin dini kita mendeteksi gejalanya, semakin besar juga harapan untuk sembuh.

Nah jaga kesehatan anda sejak dini dengan aktivitas dan kegiatan yang bisa membantu anda menghindari diri dari resiko kanker. Saat nya kita rubah pola hidup kita menjadi pola hidup sehat.

( Sumber : Kaskus )

Tidak ada komentar: