Sabtu, 04 Juli 2009

Alat Tes Genetik Kanker Payudara Pertama


Telah hadir sebuah kabar gembira bagi Kaum Hawa yang menderita kanker payudara. Kini dengan suatu alat tes genetik baru, mereka bisa tahu apakah mereka berisiko kambuh. Selain itu, dengan alat baru ini si pasien bias tahu seberapa lama mereka bias bertahan.

Adalah TOP2A/FISH pharmDx, nama dari alat itu. Alat ini merupakan alat pertama yang disahkan untuk menguji gen TOP2A (topoisomerase 2 alpha) pada pasien kanker. Gen TOP2A memegang peran penting dalam replikasi DNA. Perubahan gen TOP2A pada sel kanker payudara menunjukkan peningkatan risiko bahwa suatu tumor akan kambuh atau menurunkan survival.

Tes baru tersebut yang dibuat oleh Dako Denmark A/S, menggunakan fluorescently-labeled DNA probes untuk mendeteksi atau mengkonfirmasi gen atau abnormalitas kromosom, suatu proses yang disebut fluorescent in situ hybridization (FISH).

Pengesahan FDA diberikan berdasarkan suatu studi dari 767 pasien berisiko tinggi di Denmark yang diobati dengan kemoterapi setelah pengangkatan kanker payudara. Studi menunjukkan tes baru ini berguna untuk memperkirakan kekambuhan kanker dan survival keseluruhan.

Saat digunakan dengan informasi klinis lainnya dan tes laboratorium, tes ini bisa memberikan pemahanan tambahan pada professional medis bagaimana perjalanan klinis untuk pasien kanker payudara.


Sumber Majalah Farmacia
(Admin)

Tidak ada komentar: